Motivasi Untuk Revolusi Mencapai Kesuksesan

http://1.bp.blogspot.com/_xDGGwvBd9is/SZ7OHCkQ1rI/AAAAAAAAAeg/6JxjQly7m9E/s320/kunci+sukses.jpg

Motivasi dalam hidup mungkin banyak yang beranggapan bahwa motivasi tidaklah begitu penting dalam perjalan suatu kehidupan, namun banyak pula yang terus berusaha untuk mencapai kesuksesan karena termotivasi, bicara mengenai motivasi menurut saya motivasi adalah bagian terpenting dalam hidup, bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan mencapai kesuksesan, hal yang mungkin membangkintakn semangat untuk terus berusaha hingga apa yang kita harapkan tercapai, obat yang menyembuhkan segala penyakit, cerita indah menjalin percintaan, bumbu dalam masakan, bahkan nyawa dalam raga untuk bisa tetap hidup, artinya motivasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup saya.

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, mengalami putus dalam percintaan, gagal dalam karir, bahkan dianggap tidak bermanfaat. namun apakah kita hanya berdiam dan mengeluh untuk menerima kegagalan tersebut..? tidak tentunya, bangkit, Introspeksi dan berjalan optimis untuk menatap masa depan..
Beberapa hari yang lalu saya jalan-jalan di dunia non nyata, hingga Cursor mengarahkan saya pada satu blog yang sangat menarik, di blog Ini membahas tentang Motivasi dan beberapa tokoh terkenal yang mempunyai beranekaragam kegagalan dan kekurangan di awal hidupnya,namun bisa sukses pada akhirnya.

Berikut adalah kisah singkat sebagian tokoh-tokoh yang di maksud.Mungkin bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi kita.

1.Bill Gates
http://www.coins.ro/images/economic/Bill_Gates.jpg
Bill Gates
Bill Gates adalah pendiri sekaligus chairman perusahaan Microsoft.Gates sukses mengubah budaya kerja di dunia pada abad ke-21,di mana dia berhasil menyederhanakan cara kerja komputer seperti sebelumnya.
Dia adalah pria terkaya di dunia selama lebih dari satu dekade. Namun,pada tahun 1970 sebelum kesuksesannya dimulai,Bill Gates di-dropout dari kampusnya,Universitas Harvard.Dan yang paling ironis dan mencengangkan dalam kisah hidupnya adalah dimana dia memulai mendirikan perusahaan perangkat lunaknya(Microsoft) dengan membeli teknologi perangkat lunak yang harganya hanya $ US50 saat itu.  

* Motivasi Dan Inspirasi
 
Jangan pernah merasa karir kita sudah tamat apabila kita dikalahkan oleh sebuah masalah.Dengan merealisasikan ide yang ada di dalam otak semua apa yang kita inginkan akan dapat kita capai.

"Small hands,Big ideas is better than Big hands,Small ideas"
(anonymous)


 2.Abraham Lincoln
http://3.bp.blogspot.com/_Jlq8Mbbvbh4/S-81W5MiaUI/AAAAAAAAAd4/zlDVPRj_36s/s1600/Abraham+Lincoln+2.jpg
Abraham Lincoln
Sepanjang hidupnya,pria kelahiran Hardin Country,Kentucky 12 Februari 1809 ini kira-kira hanya 1 tahun saja mengenyam pendidikan formal.Dia sempat bekerja sebagai pembelah kayu pagar, menjadi tentara, menjadi kelasi di kapal-kapal sungai,juru tulis,mengurus kedai,kepala kantor pos,hingga menjadi pengacara.

Kisah Lincoln merupakan contoh klasik orang yang benar-benar berani gagal.Gagal dalam bisnis pada tahun 1831.Dikalahkan di Badan Legislatif pada tahun 1832.Gagal sekali lagi dalam bisnis pada tahun1833.Gagal memenangkan kontes pembicara pada tahun1838.Gagal menduduki dewan pemilih pada tahun 1840. Gagal dipilih menjadi anggota Kongres pada tahun 1843. Gagal menjadi anggota Kongres pada tahun 1848.Gagal menjadi anggota senat pada tahun 1855. Gagal menjadi Presiden Pada Tahun 1856. Gagal Menjadi anggota Dewan Senat pada tahun 1858. Akhirnya pada tahun 1860 dilantik sebagai presiden Amerika yang ke-16 dan salah seorang presiden yang sukses dalam sejarah Amerika.
 
 * Motivasi Dan Inspirasi

Dengan belajar dari kegagalan,kita akan semakin paham apa kekurangan dan apa potensi yang kita miliki serta bagaimana cara kita melakukan resolusi yang tepat.
Jadi,kegagalan tidak melulu harus dianggap sebagai hal yang negatif,namun bisa membawa dampak positif untuk melakukan resolusi ke arah yang lebih baik.

"Ingatlah,resolusi Anda sendiri adalah yang terpenting untuk meraih kesuksesan"

(Abraham Lincoln)


 3.Thomas Alva Edison 

http://www.sciencebuzz.org/sites/default/files/images/thomas_alva_edison.jpg
Thomas Alva Edison
Thomas Edison banyak mengembangkan dan menemukan perangkat yang sangat mempengaruhi kehidupan di abad 20 hingga abad 21 kini.Thomas Alva Edison dianggap sebagai salah satu penemu paling produktif sepanjang masa.Dia memegang 1039 penemuan yang dipatenkan atas namanya.

Ketika masih kecil,dia dianggap terlalu bodoh dalam mengikuti pelajaran di sekolah.Dia akhirnya keluar dari sekolah dan belajar sendiri di bawah asuhan ibunya.Dalam masa produktifnya,Edison juga telah melakukan lebih dari 9000 percobaan sebelum akhirnya ia sukses menemukan bola lampu pertama.


 * Motivasi Dan Inspirasi

Mungkin sebagian di antara kita menganggap bahwa dirinya adalah bodoh.Tetapi,patut diketahui bahwa orang bodoh itu mungkin hanya bodoh dalam hal tertentu saja tetapi pandai di bidang yang lain.Jadi,tidak ada gunanya kita merasa rendah diri jika berhadapan dengan orang "pandai".
Jadi,mari kita cari,gali dan kembangkan kepandaian kita.

"Genius adalah satu persen inspirasi dan sembilan puluh sembilan persen keringat."

(Thomas A. Edison)


4.Soichiro Honda
http://www.kabarindonesia.com/gbrberita/200801/20080120170010.jpg
Soichiro Honda
Soichiro Honda ditolak saat tes wawancara sebagai engineer oleh Toyota Motor Corporation seusai Perang Dunia Kedua.

Dia menjadi seorang pengangguran hingga secercah harapan muncul saat seorang tetangganya membeli skuter "home made"-nya. Dari situ,dia mendapat modal untuk membangun karirnya dan membangun perusahaan sendiri "HONDA". Perusahaan miliknya tersebut kini telah menjadi salah satu produsen motor dan mobil terbesar di dunia yang mampu menyaingi bahkan mengalahkan perusahaan otomotif lainnya macam Triumph, Harley-Davidson dan juga Toyota.Dengan jaringan globalnya,kini perusahannya tersebut telah memiliki lebih dari 437 anak perusahaan yang tersebar di seluruh dunia.

 * Motivasi Dan Inspirasi

Mungkin kita pernah bahkan sering ditolak.Ditolak dalam pergaulan,ditolak dalam penerimaan mahasiswa baru,ditolak dalam pekerjaan,atau ditolak dalam hal cinta.Justru melalui penolakan itulah mata kita akan dibukakan hal-hal yang baru,pola pikir yang baru,dan metode menghadapi masalah dalam meraih sukses

"Sebuah penolakan tidak lebih dari sebuah langkah penting dalam mencapai kesuksesan."
(Bo Bennett) 

  
5.Michael Jordan
http://www.pulsemed.org/michael-jordan-sneaker.jpg
Michael Jordan
Secara aklamasi, Michael Jordan adalah pemain basket tersohor sepanjang masa.Dia adalah seorang atlet fenomenal yang sangat unik, di mana ia mempunyai segudang talenta,kecepatan,kekuatan,seni,kemampuan improvisasi, dan keinginan kompetitif yang tidak terpadamkan. Berkat dirinya,citra NBA di dunia pun semakin populer.

Namun,sebelum bergabung di kompetisi NBA,Jordan hanyalah seorang yang biasa-biasa saja,ia bahkan sering dikeluarkan dari tim basketnya semasa duduk di bangku SMA karena dianggap keahliannya masih cukup kurang.

 * Motivasi Dan Inspirasi

Walau berbagai masalah sering menghadang langkah kita untuk maju.Jangan pernah menyerah,tekun berlatih dan terus berlatih untuk memoles dan meningkatkan segala potensi yang terdapat dalam diri kita.
 
"Jangan biarkan masalah menghentikan Anda. Jika Anda dihadapkan kepada tembok masalah, jangan berbalik dan menyerah. Cari jalan keluar,hadapi, atau bekerjalah di sekitarnya." (Michael Jordan)


6.Marilyn Monroe  
http://1.bp.blogspot.com/_1_Yeuvl_WYk/TJeTByz84_I/AAAAAAAAFbg/LeYzYblmTCw/s1600/MarilynMonroe.jpg
Marilyn Monroe
Pada tahun 1947, baru saja 1 tahun kontraknya,Marilyn Monroe dikeluarkan dari 20th Century Fox karena produsernya menganggap ia tidak menarik dan aktingnya sama sekali tidak punya daya pikat terhadap penonton.

Namun,itu tidak menghalanginya untuk membangun karirnya. Dia terus berusaha hingga dia akhirnya diakui publik sebagai bintang film dan simbol sex paling terkenal dia abad 20,dan sampai saat ini dia menjadi salah satu ikon pop paling terkenal di dunia.

 * Motivasi Dan Inspirasi

Orang lain mungkin kadang menganggap kita adalah orang yang low profile,kurang menarik atau bahkan jelek dengan hanya melihat sisi luar kita.Dengan memperbaiki inner beauty kita,bukan tidak mungkin kita menjadi jauh lebih menarik atau berkarisma dibanding orang lain.
 
"Aku tahu aku milik publik dan dunia,itu bukan karena saya berbakat dan bukan karena saya cantik, tapi karena aku tidak pernah menjadi milik sesuatu atau seorang pun."
(Marilyn Monroe)


7.Soeharto
http://images.rajasidi.multiply.com/image/9/photos/683/300x300/26/Soeharto.jpg?et=K3ssj0RFNM0pztBAlDKFGA&nmid=76266891
Soeharto
Soeharto,Presiden Republik Indonesia yang kedua.Masa kecil pria yang diberi julukan "The Similing General" ini dilalui dalam keadaan yang pas-pasan.Setelah tamat dari SMP ia tidak dapat melanjutkan sekolahnya karena kondisi ekonomi ayah dan keluarganya yang tidak cukup untuk membiayainya.

Namun,berkat usaha dan pengalaman militer yang dirintisnya sejak menjadi anggota Koninklijk Nederlands Indisce Leger (KNIL) serta sekolah militer di Gombong, ia menjadi seorang Jenderal TNI Angkatan Darat. Hingga akhirnya ia menjadi presiden yang kedua di Indonesia.Berbagai prestasi ia torehkan selama menjadi presiden seperti meningkatknya perekonomian Indonesia, swasembada beras Indonesia, dan Indonesia menjadi negara pengekpor beras terbesar di dunia.

 * Motivasi Dan Inspirasi

Miskin harta bukanlah penghalang buat kita untuk sekolah, kuliah, bergaul, berkreasi, mencari kerja, dan lain-lain. Dalam keadaan harta yang terbatas,justru orang-orang akan hidup lebih mandiri,lebih keras berusaha dan bahkan kehidupannya terlihat lebih ceria.Mungkin,sudah menjadi tabiat manusia untuk memiliki harta,namun itu akan sia-sia jika hati kita masih tetap miskin.
Jadi,tidak ada gunanya menyesalkan kemiskinan akan harta. Dengan hati yang kaya, maka kita akan dapat mencairkan segala masalah dalam diri dan orang-orang di sekitar kita.

"There is only one class in the community that thinks more about money than the rich, and that is the poor. The poor can think of nothing else."
(Oscar Wilde)


8.Ludwig van Beethoven
http://www.nndb.com/people/871/000024799/beethoven-2b_2a.jpg
Ludwig van Beethoven
Dia adalah seorang komposer musik klasik asal Jerman, sudah cukup umum dia dianggap sebagai salah satu komposer terbaik dalam sejarah.Hingga saat ini ada banyak aliran musik yang terinspirasi oleh karya Beethoven.Pria asal Bonn ini sempat depresi karena tidak kunjung mendapatkan pasangan hidup dan memang hingga ia wafat pada tanggal 26 Maret 1827,ia tidak pernah menikah.

Saat mencapai puncak karirnya,ia mendapat sebuah penyakit otoslerosis sehingga ia kehilangan pendengarannya,ia praktis tidak bisa lagi memimpin konser dan pertunjukan musik lainnya.Namun dalam ketuliannya tersebutlah ia semakin produktif menghasilkan lagu-lagu yang bermutu.Seorang pria yang tuli mengunggah musik, sungguh ironis bukan?!
 * Motivasi Dan Inspirasi

Cacat fisik tidak selamanya menghambat seseorang untuk menjadi lebih maju.Orang yang mendrita cacat fisik telah terbiasa akan kekurangan dirinya dan sudah dapat tabah menghadapi kondisinya.
Sehingga,mereka pun akan semakin tekun dalam berusaha dalam mengembangkan hidupnya tanpa memandang kekurangannya.
Lebih baik menjadi orang yang cacat fisik tetapi menjadi emas di antara orang lain,ketimbang menjadi orang yang cacat rohani teteapi menjadi sampah buat sesama.

"Inilah ciri-ciri orang yang benar-benar mengagumkan: ketabahan dalam menghadapi masalah."
(Ludwig van Beethoven)


9.Nelson Mandela  
 http://www.soulculture.co.uk/wp-content/uploads/2010/07/Nelson+Mandela.jpg

Nelson Mandela adalah tokoh asal negara Afrika Selatan.Ia adalah salah satu pejuang antiapartheid di negaranya, mereka menyerukan agar diskriminasi ras khususnya kulit hitam dihapuskan terutama di dunia pemerintahan dan politik.Akibat perjuangan antiapartheidnya tersebut, ia dihukum penjara selama kurang lebih 26 tahun di Johannesburg Fort.Hingga akhirnya,ia dibebaskan bersyarat pada tahun 1990.

Selang beberapa tahun setelah keluar dari penjara, ia ikut ambil bagian sebagai calon presiden dan akhirnya terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan, di mana ia menjadi presiden kulit hitam pertama di negaranya tersebut.Selain itu,berkat perjuangannya tersebut,ia mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian yakni pada tahun 1993.

 * Motivasi Dan Inspirasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa penjegalan demi penjegalan bernuansa SARA masih sering terjadi bahkan hingga pada saat ini.Namun,sungguhlah salah jika kita menjadi takut atau menghilangkan diri kita dari masalah penjegalan seperti itu.Hendaknyalah kita mengalahkan penjegalan itu dan menghasilkan nuansa baru yang mendukung kehidupan kita dan sesama kita.

"Saya belajar keberanian itu bukan ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan di atasnya. Orang pemberani bukan dia yang tidak merasa takut, tapi dia yang mengalahkan rasa takut itu."
(Nelson Mandela)


Tentu masih banyak lagi Tokoh yang dapat menginspirasikan kita untuk selalu tetap Optimis, Banyak Tokoh yang gagal pada awalnya dan kemudian sukses pada akhirnya, Itu bukan hal yang tidak mungkin bagi kita agar tetap termotivasi untuk mencapai kesuksesan, dan kegagalan pun bukanlah akhir dari segalanya^_^

1 Response to "Motivasi Untuk Revolusi Mencapai Kesuksesan"