Home » » Sejarah Ubuntu

Sejarah Ubuntu

Posted by CB Blogger


Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.
Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004, versi- versi ubuntu akan dirilis stiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui sistem keamanan dan update program. LTS (Long Term Support) rilis, yang terjadi setiap dua tahun, didukung untuk tiga tahun pada desktop dan server untuk lima tahun.Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Default User Interfaceny menggunakan GNOME ( varian berbeda ).

Ubuntu didasarkan pada paket-paket dari Debian yang tidak stabil keduanya menggunakan distro Debian’s deb format dan alat manajemen paket, APT dan Synaptic walaupun Debian dan Ubuntu merupakan paket-paket yang belum tentu ( biner kompatibel ) satu sama lain, dan mungkin perlu dibangun ulang dari sumber.Ubuntu dapat digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000), Playstation 3.
Minimum sistem untuk instalasi desktop adalah 300 MHz prosesor x86, 64 MB RAM, 4 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA pada resolusi 640×480. Disarankan sistem untuk instalasi desktop adalah 700 MHz prosesor x86, 384 MB RAM, 8 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA di resolusi 1024 × 768. Server memerlukan instalasi x86 prosesor 300 MHz, 64 MB RAM, [61] dan video yang mendukung kartu VGA di 640 × 480. Komputer yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang disarankan sistem yang disarankan untuk mencoba Xubuntu, berdasarkan Xfce.
Sistem opersi Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dibanding sistem operasi linux lainnya. Ubuntu adalah sistem operasi keturunan Debian yang terkenal dengan kestabilan, kemudahan dan kenyamanan terutama bagi pemula di LINUX.
Keluarga Ubuntu-ID : Kubuntu (distribusi menggunakan desktop KDE daripada GNOME),Edubuntu,Xubuntu (distribusi berdasarkan Xfce desktop, bukan GNOME) dan Ubuntu sendiri. Ada beberapa versi ubuntu mulai dari versi pertamanya ubuntu sampai versi terakhirnya. Ubuntu 4.04,4.10,5.04,5.10,6.04,6.10,7.04,7.10, 8.04, 8.10, 9.04, 9.10, 10.04. Dan baru-baru ini Ubuntu akan merilis versi terbarunya Ubuntu 10.10  dan  versi terbaru lainnya :

Beberapa aplikasi untuk Ubuntu :
  1. WUBI. Wubi merupakan aplikasi Ubuntu Installer untuk pengguna Windows yang dapat membawa kita semua kedunia linux dengan satu klik saja.
  2. GDM Theme atau GNOME Display Manager (GDM) adalah aplikasi yang bertanggung jawab atas graphical user login yang berada pada desktop GNOME.
  3. Ubuntu Tweak merupakan aplikasi khusus Linux Ubuntu yang digunakan untuk menangani config Ubuntu yang didesain menggunakan Ubuntu GNOME Desktop
  4. FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk melakukan transfer data melalui internet ataupun local komputer. Berikut beberapa aplikasi FTP yang terdapat pada Linux.
  5. Gftp adalah aplikasi opensource yang digunakan pada Mac OS X, UNIX, EPLF, Novell, VMS, MVS dan NT.
  6. FileZilla adalah aplikasi FTP dengan dukungan Client Server yang mempunyai Lisensi dari GNU, dan mendukung SSL/TLS (FTPS), SSH File Transfer Protocol (SFTP), dapat digunakan di Windows, Linux, *BSD, Mac OS X, IPv6, HTTP/1.1, SOCKS5.
  7. Kasablanca adalah aplikasi FTP yang ditulis menggunakan bahasa C++ dengan menggunakan libraries dari KDE. Mempunya fitur : encryption via AUTH TLS, fxp (direct server to server transfer), bookmarking system.
  8. FTPgraber adalah Aplikasi FTP Client yang mempunyai fitur : TLS/SSL, X509 certificate, One-time password (OTP), traffic graph.
  9. GNOME Commander adalah GNOME Commander merupakan aplikasi file manager dengan dukungan FTP client pada GNOME Desktop.
  10. SiteCopy adalah Sitecopy dapat digunakan untuk membantu para webmaster dalam memelihara website, upload file, dan mendukung WebDAV. SuSE Linux, Fedora/RHEL, Debian GNU/Linux, Ubuntu, NetBSD, Mac OS X (Fink), Slackware

sumber artikel


0 komentar:

Posting Komentar

sponsor