Install Joomla Di Karmic Koala

Assalamua alaikum..
yap, bahasan kali ini adalah tentang Installasi Joomla, berhubung saiia pakai karmic Koala yaa jadi judulnya Install Joomla di Karmic Koala !!hhe.. :D

Apa Itu Joomla..??

Joomla adalah Contant management system (cms) Sumber terbuka yang bebas ditulis dengan bahasa pemograman php dan data base MySQL baik untuk internet maupun intranet Joomla menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk page caching , web indexing , RSS freed , halaman untuk dicetak , web side searchingdan dukungan Internasionalisasi.



Nama Joomla berasal dari sebutan phonetic sebuah kata bahasa Swahili “Jomla”dengan arti kebersamaan atau kesatuan pilihan nama mencerminkan komitmen para pengembang dan komunitasnya saat membentuk Joomla ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005. Joomla dibangun sebagai fork dari mambo dengan rilis perdana Joomla 1.0.0 pada tanggal 16 september 2005 mengembangkan versi dari mambo. Menurut roadmap Joomla 2.0 code base akan ditulis ulang sekelompok dibangun mengadopsi GNU General Publik Licence

Untuk membuat suatu Informasi Electronik yang mulai berkembang saat ini diperlukan suatu CMS Content Management system / server php yang digunakan untuk pembuatan/desain grafis, dan juga memiliki penulis yang kreatif untuk mengisi halaman-halaman web site dengan Mambo ataupun Joomla, tidak menjadi masalah karena seluruh tool memiliki fungsi yang sama. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php. Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks yang dihubungkan dengan dalam suatu jaringan local atau luas (internet).



CMS adalah software computer yang memfasilisasikan pembuatan documen atau contant secara gotong royong dan kolaboratif , CMS acap kali di artikan sebagai Aplikasi Web untuk mengelola web site dan contant web , sementara untuk mengedit dan membuat artikel disertakan software khusus client , ia juga dapat digunakan untuk menyimpan documen perusahaan terutama seperti operators manuals , tecnical manuals , sales guides dan sebagainya, solusi cms banyak tersedia dalam bentuk open source yang bebas pungli dengan teknik yang lebih luas portal system wiki system bared group ware.

yahh, seperti itu lah kira-kira..
sekarang cara penginstalannya.. :D

Sebelum Melakukan penginstalan, Download terlebih dahulu Joomlanya disini, Dan pastikan Di dalam Komputer anda Sudah terdapat XAMPP Kalo Belum Instal terlebih dahulu, Klik disini Untuk tutorialnya.

seperti biasa Buka Terminal Kesanyangan Anda buat direktori baru di : /opt/lampp/htdocs/joomla
("joomla" adalah direktori baru yang kita buat)
ketikan texs berikut :
sudo mkdir /opt/lampp/htdocs/joomla



exstrak/unzip hasil Unduhan Joomla
kemudian copy semua isi yang ada di folder joomla ke direktory /opt/lampp/htdocs/joomla (ingat isi yang di dalam folder joomlanya) :D

ubah hak akses khusus folder htdocs dan sub foldernya agar memudahkan dalam proses editing script nantinya, dengan mengetikan texs berikut :
sudo chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/



yap,, selesai untuk pemasangan,,
sekarang waktunya penginstallan,
buka browser Firefox, kemudian ketikan localhost/joomla pada alamat url.
Ikuti petunjuk yang sudah ada..
Pertama, Pilih bahasa kemudian pilih next =>



kemudian selanjutnya ialah pemeriksaan sebelum installasi, pilih next =>



selanjutnya ialah bagian lisensi, pilih next =>



yang ini adalah bagian konfigurasi database
masukan data seperti ini :
Host name : localhost
Username  : root
Password   : (kosongkan saja)
Database   : ( isikan terserah anda, jika gagal coba susunan kanyanya samakan dengan gambar)
jika sudah pilih next =>



selanjutnya ialah konfigurasi FTP, pilih next =>



selanjutnya ialah Main Configuration,
isi dan sesuaikan (Nama site, alamat email, dan admin password).
jika membutuhkan sampel buat belajar, klik "install sample data".
jika sudah klik next =>



Finish.



Baca keterangan yang Muncul,
kemudian Hapus direktori Installasi dengan mengetikan texs berikut :
sudo rm -rf /opt/lampp/htdocs/joomla/installation

 

jika sudah klik admin

jika muncul seperti ini, klik=> Click here when the directory has been removed




Yap, Inilah tampilan Akhirnya..


Terakhir adalah, apabila terjadi error, jangan lupa untuk mengedit file php.ini yang letaknya berada di /opt/lampp/etc/php.ini, untuk menonaktifkan display error.
cari baris kata display_errors = On (lakukan search dengan kombinasi tombol ctrl+f), ganti menjadi display_errors = Off


sekian dari saiia.






**Selamat Mencoba**
**Semoga Bermanfaat** 

0 Response to "Install Joomla Di Karmic Koala"

Posting Komentar